KONSEP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS GENIALLY DAN BOOK CREATOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonsep pengembangan media pembelajaran PAI interaktif berbasis Genially dan Book Creator. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer Wadir I bidang akademik Poltekkes Kemenkes Riau, Unit penjaminan mutu, Ketua jurusan dan Tim IT Poltekkes Kemenkes Riau. Sedangkan sumber data sekunder berupa jurnal dan buku yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima tahapan untuk dapat mengkonsep pengembangan media pembelajaran PAI interaktif berbasis Genially dan Book Creator, kegiatan tersebut adalah identifikasi kebutuhan pengembangan media yang diinginkan, proses pembuatan media dengan platform yang diinginkan, memvalidasikan pada unit mutu agar media yang dikembangkan sesuai dengan standar mutu yang berlaku, mengkolaborasikan media yang telah dikembangkan dengan sistem informasi pembelajaran dan mensosialisasikan pengembangan media kepada dosen lain. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada para pendidik untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kegiatan pembelajaran baik bersifat daring maupun luring.
Downloads
References
Fachri, Moh. ‘Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa’. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 1, no. 1 (2014). https://doi.org/10.33650/at-turas.v1i1.156.
‘Genially Gamifikasi Sebagai Tren Pembelajaran Terkini’. Accessed 21 March 2022. https://btkp-diy.or.id/artikel/genially-gamifikasi-sebagai-tren-pembelajaran-terkini-.
Hamisah, Siti, Caska Caska, and Sri Kartikowati. ‘Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbantu Anyflip Dan Qizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 6, no. 6 (30 November 2022): 1950–63. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8880.
Wati, Salmiwati. ‘Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural’. Al-Ta lim Journal 20, no. 1 (20 February 2013): 336–45. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.29.
Copyright (c) 2022 Nur Kholis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.