PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DI PT. DAANISH MIKHA SALSA (DMS TOUR DAN TRAVEL LAMPUNG)

  • Agil Nauval Ardiansyah UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F. Sanjaya
Keywords: Kata kunci : Konsep Pelayanan Prima (Service Excellence), Faktor-Faktor Hambatan

Abstract

ABSTRAK

Agil Nauval Ardiansyah, 2021, Excellent Service (Service Excellence) At PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour and Travel Lampung) The focus of the problems studied in this study are: How is the concept of Excellent Service (Service Excellence) at PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour and Travel Lampung). This study aims to determine and describe how the concept of Excellent Service (Service Excellence) at PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour and Travel Lampung). Qualitative data obtained from documentation, interviews, and observations. Data analysis was carried out when and after collecting data. By using descriptive, data analysis is done by reduction, display, conclusion drawing/verification. This study found that there is Excellent Service (Service Excellence) at PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour and Travel Lampung) is the existence of excellent service when pilgrims come and are greeted by greeting, providing hospitality in serving, and smiling. Barrier factors in the application or implementation of service excellence (service excellence) at PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour and Travel Lampung) are: HR officers at the time of handling are very limited, documentation is inadequate and maximal and there is a lack of APS equipment (audio during Thawaf and Sa'i). As the concept of Excellent Service which supports the overall service, starting from administrative registration, rituals, to the departure and return of pilgrims.

Keywords: Concept of Excellent Service (Service Excellence), Barrier Factors

ABSTRAK

Agil Nauval Ardiansyah, 2021, Pelayanan Prima (Service Excellence) Di PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour dan Travel lampung) Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Bagaimana konsep Pelayanan Prima (Service Excellence) di PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour dan Travel lampung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana konsep Pelayanan Prima (Service Excellence) di PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour dan Travel lampung). Data kualitatif diperoleh dari dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan ketika dan setelah mengumpulkan data. Dengan menggunakan deskriptif, analisis data dilakukan reduction, display, conclution drawing/verification. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat Pelayanan Prima (Service Excellence) di PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour dan Travel lampung) adalah adanya pelayanan prima pada saat jamaah datang disambut dengan mengucapkan salam, memberikan keramahan dalam melayani, dan murah senyum. Faktor-faktor hambatan dalam penerapan atau implementasi pelayanan prima (service excellence) di PT. Daanish Mikha Salsa (DMS Tour dan Travel lampung) adalah : petugas SDM pada saat handling sangat terbatas, dokumentasi kurang memadai dan maksimal dan minimnya alat APS (audio saat Thawaf dan Sa’i). Sebagaimana konsep Pelayanan Prima yang mendukung dalam pelayanan keseluruhan mulai dari pendaftaran administrasi, manasik, hingga keberangkatan dan kepulangan jamaah.

 Kata kunci : Konsep Pelayanan Prima (Service Excellence), Faktor-Faktor Hambatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, Indra Suhaji. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan
Pelanggan Pada Ud Pandan Wangi Semarang, (Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala)Andriana, Atik. 2010. Jurnal Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Cv. Mufidah).
A.A. Barata. 2006. Dasar-dasar Pelayanan Prima, (Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo).
Arief, 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, (Malang: Banyumedia
Publishing).
Aulia, 2015. Implementasi Service Excellence Oleh Custuomer Service Pada BMTBismillah Sukorejo. (Semarang : Skripsi).
Bogdan dan Taylor dalam Lexy J. Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif,
(Bandung: Remaja Rosdakarya)
Bunga Caecaria Dwihapsari, 2012, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pada Oryza Tour, Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Faisal, Sanafiah. dalam Sugiono. 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
J. Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja
Rosdakarya).
Kotler, P. 2001, Marketing Management (Millenium Edition ed.). (New Jersey :
Prentice Hall).
Koentjoroningrat, 1994, Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama).
Kasmir, 2011. Etika Customer Service (Jakarta: Raja Wali Pers).
Mulyo, Ukudi. 2007, Jurnal Bisnis dan ekonomi. (Kendal : Jurnal Vol. 14 No.02.).
Maulan, Rikza, 2018. “Berbuat Ihsan dalam Segala Hal”, dalam http://rikzamaulan.blogspot.com/2013/01/berbuat-ihsan-dalam-segalahal. html, Riwayat Imam Muslim dari Abi Ya’la.
Nur Rianto, Muhammad Al Arif, 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah,
(Bandung: Altabeta).
Najamuddin Muhammad, 2012. Cara Dagang ala Rasulullah untuk Para
Entrepreneur (Jogjakarta : DIVA Press).
Yuswianto. 2002. Metodologi Penelitian, (Fakultas Tarbiyah UIN Malang).
Wijayanti, Ari. 2008, Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar Mentari Indosat Wilayah Semarang), Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Published
2021-12-31
How to Cite
Agil Nauval Ardiansyah, & Vicky F. Sanjaya. (2021). PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DI PT. DAANISH MIKHA SALSA (DMS TOUR DAN TRAVEL LAMPUNG). EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 1-21. https://doi.org/10.51226/eksyda.v2i1.280
Section
Articles