PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET PT. INDOMARET

  • Toriq Kohmala UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Pengaruh Lokasi, Pengaruh Harga, Pengaruh Promosi

Abstract

Abstrak

"Promotion is a communication of information between sellers and buyers that aims to change the attitudes and behavior of buyers, who previously did not know to become familiar so that they become buyers and remember the product". One of them is Indomaret in the Kupang Raya area, Bandarlampung. often do promotions in the form of special discounts every Saturday and Sunday, doscounts for special days such as holidays, promotions for discounted prices for new products or the "buy two get one free" promotion that is usually done by Indomaret if there are new products offered. In addition, if consumers buy with a certain limit, they will be given the opportunity to redeem goods at very cheap prices. In general, Indomaret periodically issues promo catalogs, weekday promos, weekend promos, menu promos.

Kata Kunci: Location influence, price effect and promotion effect

 

Abstrak

“Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tinakah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk tersebut”. Salah satunya Indomaret di wilayah Kupang Raya, Bandarlampung. sering melakukan promosi berupa discount special tiap hari sabtu dan minggu, doscount untuk hari special seperti hari raya, promosi potongan harga untuk produk baru atau promosi ”beli dua gratis satu” yang biasa dilakukan Indomaret jika ada produk baru yang ditawarkan. Selain itu jika konsumen membeli dengan limit tertentu akan diberikan kesempatan tebus barang dengan harga yang sangat murah. Secara umum Indomaret secara berkala mengeluarkan katalog promo, promo weeday, promo weekend, promo menu.

Kata Kunci : Pengaruh lokasi, pengaruh harga, dan pengaruh promosi

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Polla,Febriano Clinton., Lishbet Mananeke., & Rita N Taroreh.2018.Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Indomaret Manado Unit Jalan Sea.Jurnal Emba.Vol.4 No.6 Hal 3068-3077
2. Heriyanto,Agustinus Yanuar Budhi.2020.Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart dan Indomart.Jurnal Manajemen dan Bisnis.Vol.XIII No.1
3. Suparman,H Dadang.2018.Pengaruh Lokasi,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket Indomaret Cinagen Kab. Sukabumi.Jurnal Ekonomi STIE Pasim Sukabumi.Vol.7 No.1

4.Ende, E., & Kusuma, J. W. (2017). Peran Citra Merek, Persepsi Harga, Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Xiaomi. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9 (2), 349–365.
5. Erma, W., Muslichah, Bonar, S., (2010). Dasar–Dasar Pemasaran, Bandung: Karya Putra DawatiEtta, M. Sangaji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Penerbit.Kotler, Philip dan GaryAmstrong, 2011,Principles of Marketing, Jakarta: Erlangga
6.Manurung, P. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart Dan Indomaret (Studi di Alfamart Dan Indomaret Waralaba di Jalan Ratu Dibalau Tanjung Senang, Bandar Lampung). 6. Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (dasar-dasar ekonomi perusahaan). Edisi ke, 5

7. Ubud, S., & Ubud, S. (2016). Strategi Kualitas Hubungan Merek, Komitmen, Kecintaan Terhadap Loyalitas Merek Pada Restoran Waralaba. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 152457.
Published
2021-12-31
How to Cite
Kohmala, T. (2021). PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET PT. INDOMARET. EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 22-57. https://doi.org/10.51226/eksyda.v2i1.283
Section
Articles