PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM FOTO COPY DI DUSUN VI KELAHANG DESA LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR
Abstract
This research aims to determine the effect of price and service quality on consumer satisfaction in photocopier MSMEs in VI Kelahang Village, Labuhan Maringgai District. Using a quantitative correlational research approach with a non-experimental type that uses ex post facto. This research sample used a random sampling method and obtained a total of 228 consumers from photocopying MSMEs in VI Kelahang Hamlet, Labuhan Maringgai District. The data analysis techniques used are the Classic Assumption Test, (Normality Test, Linearity Test, Multicollinearity Test, and Heteroscedasticity Test), Multiple Linear Regression Analysis, Hypothesis Test (t Test and F Test), and Coefficient of Determination. The research results a
show that partially there is a positive and significant influence between price and service quality on consumer satisfaction, while simultaneously there is an influence of price and service quality on consumer satisfaction.
Downloads
References
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan
Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi
Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2 Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. Ilmu Amnajemen Dan Kewirusahaan, 1(10.46306), 136.
https://doi.org/10.46306/vls.v1i1
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartini S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya. Al – Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 404–418.
Istiatin, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736.
Lane, P. K. & K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12).
Mariansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga
Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen
Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Philip Kotler. (1997). Manajemen Pemasaran (Marketing Management, 9 e) Analisis,
Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol (A. Widyantoro (ed.); Edisi Revi). Rewoldt, P. S. H., Scot, P. J. D., & Warshaw, P. M. R. (1991). Strategi Harga Dalam
Pemasaran (Cetakan ke).
Samsurijal Hasan. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Sistem Pembayaran
Terhadap Keputusan Pembelian Meubel Sebagai Produk Tersier Dalam Upaya
Bersaing Dengan E .... Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 111–120.
http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/9%0Ahttp://repository.universitas pahlawan.ac.id/26/12/2023 JN PENGARUH KUALITAS PRODUK%2C HARGA%2C DAN SISTEM.pdf
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D) (Cetakan ke).
Susanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Foto Copy Dwiyan Di Sampit. Penerapan Ilmu
Manajemen Dan Kewirausahaan, I (I), 67.
http://www.jurnalprofit.org/index.php/profit/article/view/134
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian) (Ed I).