ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM RUMAOS STORE DI DESA SUDALARANG KECAMATAN SUKAWENING KABUPATEN GARUT JAWA BARAT

  • Anida Nadiatun Nisa stai darussalam lampung
Keywords: Marketing Strategy, Increasing, T-Shirt, Sales Voume

Abstract

 

Abstract

The purpose of this research is to determine marketing strategies to increase t-shirt sales at the Rumaos Sudalarang Sukawening Garut store. This research was conducted using a qualitative descriptive approach. Interview and documentary techniques were used for data collection. The research results show that the Rumaos store marketing strategy is quite successful and can increase the level of sales volume based on indicators, product strategy, pricing strategy, distribution channel strategy and advertising strategy. Meanwhile, the growth in sales of Toko Rumaos clothing is known to have greatly increased sales, considering the rapid development of the business and the success of the marketing process, which cannot be separated from the metrics: the conditions and skills of the sellers. , market conditions, capital and company organizational conditions.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, M. Ma„ruf. 2011. Manajemen Bisnis Syariah.Aswaja.Pressindo: Yogyakarta.
Anggraeni, Feni D, Hardjanto, Imam, Hayat, Ainul. 2012. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di KelurahanPandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP). 6(6): 1286-1295.
Boendino,2012. Pengantar Ekonomi.Erlangga: Jakarta.
Guntur, Fauzan Achmad. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume PenjualanGas Elpiji 3 Kg Pada PT. Putra Sinbar Gas Di Kabupaten Sinjai”. Jurnal Manjemen,Volume 4, No 2,Juli 2014.
Hery dan Widyawati Lekok,2012. Akutansi keuangan Menenggah.BumiAksara: Jakarta
Indah Permatasari Dan Nurul Fitri Ismayanti, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Daster Murah, Ketanon, Tulungagung,” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 2, No. 5 (5 Maret 2023): 605–16, Https://Doi.Org/10.53625/Juremi.V2i5.5179.
Mahyu Danil,2012. Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi Pada PegawaiNegeri Sipil di Kantor BupatiKabupaten Bireuen.Jurnal Ekonomika Universitas Almuslimum Bireuen, Aceh, Vol No.7.9.
Mulyadi,2010, Sistem Akutansi. Penerbit Salemba Empat: Jakarta
Purdi E.Chandra, 2000. Trik Sukses Menuju Sukses.Grafika Indah:Yogyakarta.
Rangkuti, Rahmi. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Rotan (Studi Pada UD.MulaRotan Petisah Kota Medan)” JurnalManajemen,Vol 2, No 2,2018.
Rosy Pradipta Angga P,2014. Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, dan Teknologi Proses Produksi terhadap Kerajinan Kendang Jimbe di Kota Blitar. Jurnal Ilmiah Urniversitas Brawijaya Malang.
Rahayu DP. 2016. Kajian Keberhasilan Program Pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Umkm) Pangan Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan dalam Penerapan Prinsip Keamanan Pangan. [SKRIPSI]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Sadono Sukirno,2006. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga Persada: Jakarta.
U. A. Husaeni and T. K. Dewi, “Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di Jawa Barat,” BJRM (Bongaya J. Res. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 48
Published
2025-06-29
How to Cite
Nadiatun Nisa, A. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM RUMAOS STORE DI DESA SUDALARANG KECAMATAN SUKAWENING KABUPATEN GARUT JAWA BARAT. EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 3(2), 173-192. https://doi.org/10.51226/eksyda.v3i2.639
Section
Articles