PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) EL- QODAR 21 LAMPUNG TIMUR

  • Laila Nursafitri STAI Darussalam Lampung
  • Dhoni Kurniawati STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Apri Kurniasih STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Septiani Selly Susanti STAI DARUSSALAM LAMPUNG
Keywords: Pendampingan, Kurikulum Merdeka, Kelompok Kerja Madrasah

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan  meningkatkan  pengetahuan Guru Madrasah pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) El-Qodar 21 mengenai Kurikulum Merdeka secara umum, kemampuan merancang pembelajaran  sesuai  dengan  karakteristik  Kurikulum  Merdeka, dan merancang asesmen pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Kegiatan  ini  menggunakan  metode  pendampingan yang  dilakukan  secara  tatap  muka  dan diikuti oleh 21 Madrasah. Setiap Madrasah diwakili oleh 2 orang guru, sehingga peserta berjumlah 42 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 95% peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi dan presentasi, dan 75% peserta sudah dapat   merancang   pembelajaran dengan baik. Peserta telah dapat menentukan tujuan pembelajaran, materi dan   media ajar berbasis teknologi, proses pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1279
Harnanto Dkk. Penyederhanaan Rpp Berbasis Karakter Bagi Guru Ppkn Smp Sebagai Implementasi Program Merdeka Belajar. Prosiding Hasil Pkm Converence.Um.Id. Vo; 2, No 1. 2021.
Iwinsah, R. (2020) Menakar Konsep “Merdeka Belajar”, Intens.News. Available At: Https://Intens.News/Menakar-Konsep-Merdeka-Belajar/.
Kemendikbud (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Edisi Ke-3. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ri.
Syahrir Dan Muhammad Yamin, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1). Doi:10.36312/Jime.V6i1.1121
Published
2022-12-31
How to Cite
Laila Nursafitri, Dhoni Kurniawati, Apri Kurniasih, and Septiani Selly Susanti. 2022. “PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) EL- QODAR 21 LAMPUNG TIMUR”. Jurnal Peduli : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1), 18-27. https://doi.org/10.51226/pdl.v2i1.461.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>