PEMBINAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ BIL QALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK MADRASAH TSNAWIYAH NU 14 SIDOREJO
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pembinaan membaca al-qur’an kepada siswa/siswi MTs. Ma’arif NU 14 Sidorejo agar dapat membaca dan menulis al qur’an dengan baik dan benar. Metode pengabdian ini adalah Community Based Research (CBR). Metode CBR yaitu penelitian dengan pola kolaborasi antara komunitas dengan dunia pendidikan tinggi yang berorientasi aksi dengan service learning untuk mendukung gerakan social demi terwujudnya keadilan sosial. Hasil dari pengabdian ini adalah peserta didik belajar membaca dan menulis al-Qur’an dengan menggunakan al-qur’an tulis follow the line. Peserta didik menulis penggalan ayat al-qur’an dan membaca apa yang ditulis.Untuk kedepannya program ini akan terus berlanjut agar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik
Downloads
References
Abdul, Said Adhim. 2009. Nikmatnya Membaca Al-Quran. Solo: Anggota SPI.
Bacaan Al- Quran (Studi Kasus) di MI Al Maarif 02 Singosari Malang ”.Jurnal
Bandung:PercetakanAngkatas.
Daarul Firdaus.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Baari’ Al-Qur’an Terjemah. 2015. Depok: Al-
Farza’in. Metode Penulisan Follow The Line. 2014. Tangerang: Yasinamal.
Huda.
Nufus, Muhammad dkk. 2020. “Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Menginterpretasi
PGMI. Vol 2 No 4.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. 2006. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Ringkasan Hadits Bukhari Terjemah Abi Jamroh al-Bukhari. 2019. Surabaya:Mutiara Ilmu.
Sholihudin, Muhammad.Tahsinul Qur’an Pedoman Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an, Yogyakarta.
Taringan, Henry Guntur Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, 2008.
Zuhdi, Masjfuk. 1997. Pengantar Ulumul Qur’an. SueBy: Karya Abditama.